CIMANGGU CITY BOGOR. – Sebagai kebutuhan yang utama, memilih rumah tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Tak selalu berbicara tentang harga, namun kondisi bangunan yang bisa bertahan dalam jangka panjang, juga menjadi pertimbangan tersendiri.

Belakangan ini banyak pengembang yang menawarkan konsep perumahan, baik yang subsidi ataupun non-subsidi. Jika memiliki uang, memilih non-subsidi tentulah lebih baik karena biasanya sudah dipenuhi berbagai fasilitas menarik, namun jika pas-pasan, maka tak ada salahnya untuk membeli rumah FLPP.

Hanya saja, ada berbagai hal yang harus diperhatikan dalam memilih perumahan. Jangan semberangan jika tidak ingin menyesal di kemudian hari. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain adalah

1. Reputasi Developer
Sudah bukan hal yang baru jika transaksi jual-beli membutuhkan rasa saling percaya, apalagi rumah yang melibatkan uang tidak sedikit. Maka dari itu penting untuk memilih developer/pengembang yang terpercaya. Setidaknya, lihat Track Record. si pengembang dengan berbagai contoh kawasan yang sudah dibangunnya. Apakah menyuguhkan lingkungan yang sesuai dengan keinginan Anda atau tidak.

2. Fasilitas & Akses
Tentulah pemilik rumah tidak ingin kesulitan ketika hendak melakukan aktivitas. Untuk itu, amati fasilitas yang ditawarkan si pengembang. Selain rumah, apalagi fasilitas yang akan dibangun, atau kawasan tersebut dekat dengan sarana apa saja?

Jangan pula melupakan akses, perumahan dengan daerah-daerah tertentu. Misalnya tol, jalan raya, atau stasiun kereta, semua ini akan menyokong mobilitas penghuni ke berbagai daerah tertentu.

3. Metode Pembayaran
Berbagai kemudahan dalam memberikan cara pembayaran juga bisa menjadi alternatif para calon pembeli rumah. Jika memiliki uang tunai, cash keras bisa langsung dilakukan, namun jika tidak, tak ada salahnya memilih sistem KPR atau cash installment/bertahap.

4. Seimbangkan Kebutuhan dengan Keinginan
Satu hal yang paling penting dan tak boleh dilupakan adalah pikirkan lagi apakah rumah tersebut tepat untuk Anda? Pikirkan bagaimana jika Anda tinggal di sana, seperti apa lingkungannya dan bagaimana rumah tersebut menyokong kebutuhan Anda sehari-hari? Misalnya bagaimana jarak perumahan dengan lokasi kerja? Bagaimana perumahan tersebut mampu memfasilitasi Anda nantinya? Karena jika membeli rumah, tentulah untuk ditempati, apalagi jika Anda seorang pembeli rumah pertama.