CIMANGGU CITY BOGOR. – Memiliki hunian aman dan nyaman menjadi sebuah keharusan bagi siapa saja. Pemilihan lingkungan perumahan yang baik juga menjadi faktor pendukung dalam kelancaran aktivitas Anda sehari-hari. Lalu, bagaimana kriteria lingkungan perumahan yang baik untuk dijadikan tempat tinggal pilihan? Berikut lima kriterianya yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli atau menyewa rumah idaman di kemudian hari.

1..Keamanan lingkungan yang maksimal
Kriteria pertama yang wajib ada dalam lingkungan perumahan yang baik adalah faktor keamanan. Dari survei yang dilakukan oleh Rumah.com, yang dikutip oleh Bisnis.com, tercatat bahwa 75% responden mempertimbangkan keamanan selain faktor harga, lokasi, dan akses dalam memilih perumahan terbaik. Faktor keamanan ini dapat dicontohkan dengan adanya sistem one gate system yang banyak diterapkan oleh banyak pengembang hingga saat ini.

Selain itu, para pengembang terbaik juga akan mengadopsi konsep keamanan smart home di lingkungan perumahan. Misalnya saja adalah adanya CCTV, fire alarm, alarm system, hingga panic alarm untuk kondisi darurat. Ditambah lagi petugas keamanan yang siap sedia akan membuat Anda semakin tenang dan nyaman.

2. Memiliki sistem pengelolaan limbah terpadu
Kedua, lingkungan perumahan juga harus memiliki sistem pengelolaan terpadu. Pengelolaan ini bisa dilakukan dengan pemilahan jenis sampah rumah tangga. Contohnya adalah sampah atau limbah rumah tangga yang dapat dijadikan kompos, sampah plastik, dan sampah yang bisa didaur ulang. Tidak hanya itu, air di perumahan pun wajib untuk Anda perhatikan.

Air limbah di rumah tangga tersebut haruslah memiliki pengelolaan yang sangat serius. Sirkulasi jalur air kotor (selokan) yang buruk dikhawatirkan dapat mencemari kandungan air bersih yang ada di lingkungan perumahan. Hal ini akan mengganggu kenyamanan Anda seperti masalah kesehatan dan kebersihan.

3. Akses transportasi publik terjangkau
Kriteria lingkungan perumahan yang patut Anda pertimbangkan sebelum memilih perumahan adalah akses transportasi publik terjangkau. Semisalnya saja transportasi seperti KRL, angkutan umum, akses ke jalan tol, hingga transportasi massal lainnya. Kini, pengembang juga banyak yang mengembangkan lingkungan perumahan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD).

Tentu hal tersebut akan memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bayangkan saja bila lokasi perumahan tersebut tidak memiliki akses transportasi publik terjangkau, Anda akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan Anda harus memutar untuk mencari jalan yang memiliki akses terbaik dan ini akan memakan waktu.

4. Dekat dengan fasilitas publik
Selain akses Transportasi. kriteria keempat yang perlu diperhatikan adalah dekat dengan pelayanan publik. Pelayanan publik di sini dapat dicontohkan dengan adanya layanan kesehatan yang memadai seperti rumah sakit, klinik, maupun apotek. Begitu juga dengan akses pendidikan, mulai dari sekolah hingga universitas untuk pendidikan anak Anda.

Demikian juga dengan pusat bisnis atau perkantoran yang menjangkau segala aktivitas Anda. Berikutnya adalah pelayanan publik dalam hal pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Semisalnya saja akses ke pasar modern, supermarket, hingga mall. Begitu juga dengan tempat ibadah, sebaiknya dekat dengan lokasi perumahan agar memudahkan Anda.

5. Memiliki ruang terbuka hijau
Tidak hanya memiliki konsep TOD, lingkungan perumahan yang banyak dilirik sekarang adalah juga memiliki ruang terbuka hijau yang mencukupi. Fungsi dari adanya ruang terbuka hijau tidak hanya sekadar sebagai area resapan air agar tidak banjir, melainkan juga sebagai tempat sirkulasi udara agar penghuninya merasa nyaman dan sehat. Ruang terbuka hijau juga bisa Anda gunakan sebagai area bermain anak-anak maupun berolahraga. Di sini Anda juga bisa berekreasi seru bersama keluarga serta penghuni perumahan lainnya.