CIMANGGU CITY BOGOR. – Jika Anda membeli sesuatu dengan cara kredit, pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah uang muka atau Down Payment (DP). Dalam hal membeli rumah secara angsuran pun hal ini berlaku.

Setiap developer biasanya memberikan persentase DP yang berbeda. Tapi masalahnya, terlalu besar membayar uang muka rumah, tentu saja memberatkan. Sedangkan, DP kecil pun tak selalu memberikan keuntungan. Jadi bagaimana?

Pembayaran down payment rumah yang besar atau kecil sebenarnya memiliki keuntungan tersendiri. Namun sebaiknya Anda menghitung dengan matang sebelum mengambil keputusan.

Membayar Uang Muka Rumah Dengan Jumlah Besar
Tahukah Anda, semakin banyak jumlah DP maka cicilannya lebih ringan? Ya, tapi pada kenyataannya banyak orang yang belum bisa membayar uang muka dengan jumlah besar.

Saat Anda membeli rumah dengan uang muka yang besar, keuntungannya adalah bisa mengurangi beban cicilan dan bunganya. Dengan demikian, jika cicilan lebih ringan maka akan ada anggaran tambahan untuk memperindah atau meng-up grade interior rumah menjadi lebih baik.

Membayar Uang Muka Rumah Dengan Jumlah Kecil
Tapi jangan sedih jika Anda belum mampu membayar uang muka besar. Masih ada lho developer yang menawarkan rumah dengan DP murah.

Apa keuntungannya? Tentu saja, dengan uang muka kecil maka seseorang bisa segera menempati rumah baru dan tidak perlu berlama – lama mengumpulkan uang untuk DP rumah. Meskipun cicilannya lebih besar atau jangka waktu pelunasan lama, tetapi selama jumlahnya terjangkau dan sesuai kemampuan semuanya tidak masalah.

Jadi, soal lebih baik mana antara uang muka besar atau kecil sebenarnya tergantung Anda sendiri. Karena setiap orang memiliki pekerjaan dan penghasilan yang berbeda. Selain itu, cara pengelolaan keuangannya pun tidak sama.

Bagaimana ketersediaan uang saat ini dan berapa jumlah cicilan yang disanggupi? Hal itulah yang menjadi poin utama dalam mempertimbangkan pilihan rumah dengan DP besar atau kecil. Yuk bijak beli rumah.!